Merapikan Playlist MP3 pada Winamp

Winamp merupakan pemutar audio digital yang paling banyak diminati oleh para pengguna komputer saat ini. Kita bisa menyalin file lagu MP3 dari CD ke harddisk lalu memainkannya lewat Winamp.
Tetapi banyak di antara para pemakai Winamp yang hanya asal menyalin lagu lalu memainkannya, padahal tidak jarang penamaan file MP3 lagu tersebut masih semrawut, misalnya hanya berupa keterangan track saja atau berupa teks besar. Kesemrawutan ini bisa dilihat dari tampilan di daftar file yang dibuka di Winamp. Untuk merapikannya, ikuti langkah berikut ini.
1.      Buka Windows Explorer lalu masuk ke folder tempat Anda menyimpan file MP3. Agar tampak rapi, ganti nama seluruh file tersebut dengan format Nama artis – Judul lagu. Sebagai contoh: Dream Theater – Another Day. Hal ini akan mempermudah kita dalam melakukan manajemen file. Tidak jarang pada saat kita menyalin dari CD, keterangan yang terdapat pada file MP3 hanya berupa nomor track. Anda perlu memutar file tersebut terlebih dahulu, lalu setelah barulah artis dan judul lagu muncul.
2.      Setelah Anda selesai mengganti nama file lewat Windows Explorer, sekarang buka Winamp. Jalankan file MP3 yang namanya telah Anda ganti. Pada Playlist Editor, klik kanan pada salah satu playlist, lalu klik [View File Info]. Setelah jendela MPEG file info + ID3 tag editor terbuka, Anda dapat mengisikan data-data dari file MP3 yang sedang Anda mainkan seperti judul, artis, dan album, dengan memberi centang pada kotak ID3v1 atau ID3v2. Agar lebih ringkas, cukup isi judul (Title) dan artis (Artist)saja. Pilihlah salah satu antara ID3v1 Tag atau ID3v2 Tag. Apabila judul lagu panjang, gunakan ID3v2. Agar rapi, samakan data yang diisikan (judul dan nama artis) dengan keterangan pada file MP3 yang dimaksud. Setelah data-data yang diperlukan terisi, klik [Update].
Sekarang Anda dapat melihat hasilnya pada jendela Playlist Editor di Winamp
###### --- Semoga berguna --- #######

0 komentar :

Posting Komentar


Rahasia Tersembunyi Metode Mencari Uang di Internet Akhirnya Diungkap disini
  Google

 
Web QV32.BLOGSPOT.COM